Senin, 17 Maret 2014

PT Djarum Terima Anugerah Peduli Pendidikan dari Mendiknas


Dua puluh enam tahun sudah, PT Djarum melakui kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) di bidang pendidikan  memberikan kontribusi bagi kemajuan kualitas generasi muda, khususnya mahasiswa. Program CSR tersebut yang kini disebut dengan nama program Djarum Beasiswa Plus  telah diberikan kepada lebih dari 6300 mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di 24 Propinsi.

Upaya yang telah dilakukan PT. Djarum ini mendapat apresiasi  berupa anugerah peduli pendidikan yang diberikan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan sebagai tanda terima kasih kepada perusahaan yang dianggap memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan. Penghargaan diberikan langsung oleh Mendiknas, Muhammad Nuh kepada PT. Djarum yang diwakili oleh Suwarno M Serad (Public Affairs Director), di Gedung A Kementerian Pendidikan Nasional, Jumat, 24 September 2010.

Pada kesempatan tersebut, Mendiknas menjelaskan, dunia pendidikan merupakan motor penggerak untuk memfasilitasi pembangunan karakter bangsa.  Ia pun mengimbau agar pihak swasta ikut terlibat dan memberikan kontribusi nyata terhadap perkembangan pendidikan dan sumber daya manusia di Indonesia.

"Kami sangat bangga menerima penghargaan ini, karena merupakan bentuk apresiasi dan dukungan, khususnya dari pemerintah, atas apa yang kami lakukan. Semoga penghargaan ini dapat mendorong kami untuk terus meningkatkan kualitas program-program CSR kami, khususnya Djarum Beasiswa Plus," jelas Suwarno.

Tidak hanya pemerintah, apresiasi terhadap program Djarum Beasiswa Plus pun datang dari berbagai lembaga lain. Antara lain datang dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Universitas Negeri Malang (UM). Kabag Kesejahteraan Mahasiswa UMM, Dra Anisah menjelaskan, dari puluhan jenis beasiswa yang ada di perguruan tinggi, Djarum Beasiswa Plus termasuk yang paling terbaik dan banyak diminati.

Kabag Kemahasiswaan UM, Dra Fatmawati Istamar juga mengutarakan hal serupa. Menurutnya, Beasiswa dari PT. Djarum juga menjadi favorit mahasiswa UM. Untuk tahun ini misalnya, mahasiswa yang mendaftar untuk mendapatkan beasiswa tersebut mencapai ratusan. Padahal kuota di UM hanya enam mahasiswa saja. "Tahun ini saja, yang mendaftar  dari Universitas Negeri Malang (UM). sudah ada 500 orang. Padahal, yang kami kirimkan untuk diseleksi Djarum hanya 10 orang saja," paparnya.

Pemberian berbagai pelatihan softskills dan pengembangan karakter menjadi kekhas-an dari program Djarum Beasiswa Plus ketimbang program beasiswa lainnya. Sebuah bekal luar biasa yang tidak terhitung dengan materi, namun memberi bekal seumur hidup bagi para Beswan Djarum. Pelatihan ini meliputi tiga aspek yakni, Outbound, Leadership program, dan Practical skills and Entrepreneurship.

Komitmen PT Djarum dalam dunia pendidikan akan terus berjalan demi masa depa Indonesia yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar