PT. Djarum mengeluarkan beberapa produk diantaranya Djarum
Super, Djarum Coklat, Djarum 76, Djarum Istimewa. Kesemuanya merupakan rokok
berjenis kretek. Akan tetapi djrum melihat pangsa pasar ini stagnan sehingga
PT.Djarum merambah pasar rokok mild, diantaranya adalah L.A Light, L.A Menthol,
Djarum Super Mezzo, Djarum Black dan Djarum Black Menthol.
Selain itu Djarum mengembangkan cita rasa yang lebih varian
dengan mengkombinasikan cita rasa cappucino, dan Teh yang dikenal dengan nama
Brand Djarum Black Tea dan Djarum Black cappuccino.
Produk dalam kategori rokok mild diluncurkan oleh PT Djarum
di akhir tahun 2005, perusahaan ini meluncurkan rokok mild dengan merek Djarum
Super Mezzo untuk melengkapi portofolio produk Djarum Super dan merambah segmen
premium serta menjadi alternatif pilihan rokok mild baru dengan cita rasa
tinggi. Khusus untuk peluncuran PT Djarum membuat program promosi modern dengan
menggunakan balon mini zeppelin yang berputar-putar disekitar wilayah Jakarta
selama 3 minggu. Program tersebut juga diiringi dengan iklan televisi yang
menampilkan visual yang luar biasa, iklan televisi Mezzo versi “leap” dan
“race”.
PT Djarum menggunakan pendekatan strategi yang berbeda dalam
membangun merek Djarum Super Mezzo, yaitu dengan menambahkan kata “Djarum
Super” dalam merek rokok mild tersebut, merek Djarum Super yang sudah memiliki
awareness yang tinggi dan brand image yang kuat di tengah konsumen diharapkan
mampu mengangkat penjualan produk mild yang baru ini masuk ke pasar rokok mild.
Kenyataannya, hasil dari sebuah penelitian adalah top of
mind merek rokok mild masih didominasi oleh Sampoerna A Mild (79,5%), diikuti
oleh Star Mild (12,1%). Djarum Super Mezzo berada di peringkat ketiga (4,2%).
Untuk merek kedua yang diingat setelah merek pertama yang terlintas atau
unaided awareness dikuasai oleh Star Mild (39,5%), Sampoerna A Mild (18,4%) dan
Djarum Super Mezzo (14,7%).
Djarum Super Mezzo dan Star Mild memiliki karakteristik akan
personality dan association yang mirip. Djarum Super Mezzo dipersepsikan
memiliki sifat yang santai dan easy going, berpenampilan menarik, dan penuh
percaya diri, namun merek ini juga memiliki posisi yang sama dengan Star Mild
yang dekat dengan atribut menikmati kehidupan malam, menyukai petualangan dan
maskulin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar