Peduli Lingkungan dan Empati Sosial Korporasi
Program bakti
lingkungan,,yang salah satunya menanam pohon ternyata sebuah program
menarik yang digagas dan dilaksanakan oleh PT Djarum : Trees for Life.
Sebuah program yang merupakan bagian dari kegiatan CSR (Corporate Social
Responsibility) perusahaan rokok terkemuka tersebut sebagai bentuk dari
tanggung jawab sosial serta empati konstruktif perusahaan terhadap
masyarakat dan lingkungan.
Yang menarik adalah, sejak tahun 1979,
perusahaan ini telah mendedikasikan diri untuk melestarikan lingkungan
demi hidup yang berkualitas dengan program Djarum Bhakti Lingkungan.
Kota Kudus adalah langkah awal dari program ini. Ribuan jenis tanaman
peneduh ditanam.
Selain itu, dibawah payung Djarum Bakti Lingkungan
telah melakukan aksi pelestarian lereng Gunung Muria dengan tanaman
peneduh maupun pohon bernilai ekonomi, sehingga mampu mempertahankan
kawasan penting resapan air kota Kudus. Selain itu sejak tahun 2008
Djarum BaktiLingkungan bekerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional
(BPN) Kanwil Jawa Tengah, turut serta dalam program pelestarian Daerah
Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo dengan komitmen 700.000pohon.
Sebagaimana
diungkap pada siaram persnya, Dalam rangka Hari Ulang Tahun PT. Djarum
ke-59, pada tanggal 18 April 2010 lalu, sebanyak 400 karyawanDjarum di
Kudus bersama Luna Maya, artis pemerhati lingkungan, menanam Pohon
Trembesi sepanjang1,2 km di Demak, Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan
program lanjutan Djarum Trees For Life, dar i Corporate Social
Responsibility Bakti Lingkungan PT Djarum yang merencanakan 2.767 Pohon
Trembesi sepanjang jalan Turus Semarang-Kudus Jawa Tengah.Serius dan
konsisten untuk melakukan pelestarian lingkungan adalah semangat Djarum
Trees For Life yang ingin ditularkan kepada seluruh pihak dan masyarakat
luas. Berawal dari penanaman PohonTrembesi bersama Gubernur beserta
Muspida Jawa Tengah, kemudian diikuti beberapa minggu lalupenanaman
bersama artis Nugie dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) lingkungan.
Komitmen perusahaan juga tak berhenti pada kegiatan-kegiatan insidental
tertentu belaka. Bahkan, Bibit Pohon Trembesi yang digunakan dalam
rangkaian program Penanaman 2.767 Pohon Trembesi disepanjang turus jalan
Semarang-Demak ini berasal dari Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) PT.
Djarum.
Untuk menjaga kesinambungan kegiatannya, salah satu dukungan
PT. Djarum adalah dengan mendirikan pusatpembibitan aneka tanaman yang
dikelola secara intensif. Diharapkan dengan upaya pembibitan aneka
tanaman ini, PT. Djarum dapat turut menjadi bagian dari usaha dalam
mempertahankan dan melestarikan tanaman-tanaman langka agar terjaga dari
kepunahan.Hingga saat ini, PPT telah memilikitotal sekitar 100 ribuan
jenis bibit tanaman, termasuk di dalamnya tanaman langka seperti Kepel,
Sawit,Nogosari, buah Kawista dan Pohon Botol dari Afrika.
Perusahaan
diharapkan tidak hanya mengejar profit belaka tetapi juga menunjukkan
kepedulian besar bagi lingkungan dan masyarakat sekitar tempat
perusahaan bersangkutan beroperasi. Dengan program CSR ini tidak hanya
merupakan investasi jangka panjang yang berguna untuk meminimalisasi
risiko sosial, juga berfungsi sebagai sarana meningkatkan citra
perusahaan di mata publik. Intinya, CSR adalah operasi bisnis yang
berkomitmen tidak hanya untuk meningkatkan keuntungan perusahaan secara
finansial, melainkan pula untuk pembangunan sosial-ekonomi kawasan
secara holistik, melembaga dan berkelanjutan.
Saya ikut menyatakan
salut dan mengacungkan jempol tinggi-tinggi bagi upaya-upaya konstruktif
yang telah dilakukan sejumlah korporasi besar, termasuk PT Djarum
Kudus, melalui program CSR-nya yang sudah menunjukkan komitmen dan
kepedulian tinggi menjaga kelestarian lingkungan dengan kegiatan Trees
For Life. Ini sebentuk empati sosial nyata untuk menghindari nestapa
kemanusiaan akibat kerusakan lingkungan.
Model CSR yang dikembangkan
oleh PT Djarum Kudus adalah jenis korporasi ideal yang dengan teguh
memegang konsistensi empati sosialnya lewat program Trees for Life
dimana disaat yang sama ikut memelihara kelanjutan program yang sudah
dicanangkan tersebut dengan kegiatan pendukung seperti menyiapkan
bibit-bibit tanaman unggulan lewat Pusat Pembibitan Tanaman yang
dimilikinya.
CSR merupakan salah satu bentuk strategi PR yang dapat
digunakan untuk membentuk citra positif perusahaan dimata stakeholder.
Dengan program CSR perusahaan dapat menunjukkan kepeduliannya terhadap
masyarakat dan lingkungan sekitar, sehingga terjadi hubungan yang
harmonis antara perusahaan dengan komunitasnya. PT. Djarum sebagai
perusahaan yang bergerak dibidang industri rokok tentu mengalami
berbagai pro-kontra dari masyarakat, oleh karena itu perusahaan dituntut
untuk melakukan program CSR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
strategi yang digunakan oleh PR PT. Djarum Kudus dalam mengelola
kegiatan CSR khususnya program Bakti Lingkungan sehingga mampu
meningkatkan citra perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif dengan menggunakan teknik
wawancara mendalam dengan panduan interview guide kepada Manager Bakti
Lingkungan dan warga yang merasakan dampak CSR Bhakti Lingkungan ”Djarum
Trees For Life”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan
kegiatan CSR Bakti Lingkungan merupakan salah satu upaya PT. Djarum
dalam menjaga hubungan baik dengan masyarakat dan pemerintah
(stakeholder). Melalui kegiatan CSR, perusahaan dapat membentuk persepsi
positif masyarakat bahwa Djarum bukan hanya mengejar keuntungan semata
tetapi juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan, yang
pada gilirannya hal tersebut secara tidak langsung telah membantu
meningkatkan citra perusahaan. Dalam pengelolaan kegiatan CSR Bakti
Lingkungan, Djarum memiliki manajeman strategi untuk menunjang
keberhasilan program, diantaranya adalah merangkul LSM, Masyarakat dan
Beswan Djarum Kudus dalam tiap pelaksanaan program agar mereka merasa
menjadi bagian dari perusahaan. Selain itu media juga selalu dilibatkan
agar perusahaan memperoleh publisitas. Manajemen strategi yang
dijalankan PR PT. Djarum terbukti cukup efektif untuk menunjang
keberhasilan program, terutama untuk publisitas. Dengan adanya
publisitas citra positif corporate lebih mudah terbentuk karena lebih
banyak masyarakat yang mengetahui program yang dilakukan PT. Djarum.
Pak, saya roby.. mau tanya' kalau mau ngajukan proposal sponsorship utk even konser musik, kontaknya kemana ya ? terima kasih
BalasHapus