Kamis, 03 April 2014

FACTORY VISIT PT. DJARUM KUDUS

Dalam rangka menambah wawasan dari teori yang diajarkan didalam kelas, Rabu, 28 Oktober 2009, mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi mengadakan acara Factory Visit ke PT. Djarum Kudus.

Disini mahasiswa melihat secara langsung proses pelintingan rokok kretek secara manual atau yang lebih dikenal dengan SKT (Sigaret Kretek Tangan) hingga proses pengepakan. Dijelaskan pula sistem pembentukan kelompok kerja, spesialisasi dan pengupahan.

Acara dilanjutkan dengan mengunjungi Kebun Penghijauan yang berisi tanaman-tanaman yang dibudidayakan PT. Djarum, diantaranya termasuk pula beberapa jenis tanaman langka. Kebun ini ditujukan untuk menunjang program penghijauan PT. Djarum yang bekerjasama dengan masyarakat melakukan penghijauan di lahan-lahan kritis.

Selanjutnya mahasiswa melihat proses pembuatan rokok dengan menggunakan mesin atau lebih dikenal dengan SKT (Sigaret Kretek Mesin). Sehingga dapat membandingkan secara langsung antara SKT dan SKM, serta alasan mengapa PT. Djarum mempertahankan untuk menggunakan keduanya.

Kunjungan dilanjutkan ke Instalasi Pengolahan Air Limbah. Di lokasi ini, selain digunakan untuk pengolahan air limbah dari PT. Djarum, juga diselenggarakan kelas-kelas kursus yang dapat diikuti secara terbuka oleh masyarakat. Diharapkan dengan cara ini, masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari keberadaan PT. Djarum di lingkungan mereka.

Dalam acara Presentasi Company Profile PT. Djarum oleh Bp. Handojo Setyo, mahasiswa mendapat paparan tentang PT. Djarum Kudus, sejarah, filosofi, program CSR, Iklan rokok Djarum, dan lain sebagainya serta melakukan diskusi.

Factory Visit ini diakhiri dengan kunjungan ke GOR (Gedung Olah Raga), melihat fasilitas yang disediakan untuk atlit bulu tangkis, serta program pelatihan yang harus dijalani oleh para atlit.

1 komentar:

  1. Pak, saya roby.. mau tanya' kalau mau ngajukan proposal sponsorship utk even konser musik, kontaknya kemana ya ? terima kasih

    BalasHapus