Senin, 05 Mei 2014

Press Release Djarum Super Jakarta International Blues Festival 2013



Djarum Super Jakarta International Blues Festival 2013

"Blues N'Fruits"

Blues dan seluruh music turunannya

Jakarta, 13 November 2013 - InaBlues yang merupakan Asosiasi Blues Indonesia dengan bangga kembali mempersembahkan festival musik blues terbesar di Asia Tenggara yaitu Djarum Super Jakarta Blues Festival 2013 (DSJBF) yang tahun ini merupakan tahun ke enam penyelenggaraan.

Sebagai Perkumpulan Musisi Blues yang telah berdiri semenjak tahun 2005, existensi blues di Indonesia semakin berkiprah dan menjadi sebuah trend baru.  Justru, bagi kaum muda, mereka tidak hanya menyukai music nya, namun “demam blues” ini membuat mereka semakin fanatic terhadap musi-musik yang menghipnosis mereka untuk bermain secara kwalitas dan bukan sembarang bermain musik.

Sebagai genre music, blues tidak bisa dipungkiri bahwa aliran blues adalah awal dari segalanya, terkecuali musik classic.  Dengan “memberikan unsur blues di sebuah musik, itu seperti meniupkan roh kedalam musik, dan membuat musik itu makin bermakna dan enak didengar” Jelas Oding Nasution selaku Ketua Asosiasi Blues Indonesia.  Sebagai bukti nyata atas keberhasilan blues di Indonesia, InaBlues untuk kedua kalinya akan menggelar 100 gitaris yang dimana sayembara yang berkerjasama dengan www.djarum-super.com ini mencari 100 gitaris muda yang berbakat untuk tampil secara bersama-sama di satu panggung untuk membuka acara Jakarta Blues Festival 2013.  Selama 2 minggu sayembara tersebut berlangsung, response dari para gitaris memang luar biasa.  Telah terkumpulkan lebih dari 300 gitaris yang siap untuk mensukseskan Jakarta Blues Indonesia 2013, dimana di tahun 2012 hanya ada 200an peminat.  ini bukti nyata bahwa peeminat blues semakin meningkat di tanah air.  Dengan mengadakan dan ini adalah tanda yang bagus bagi komunitas blues, yang dimana semakin banyak peluang untuk mereka berkembang dan melestarikan musik blues di Indonesia.

“Sejak pertama kali Djarum Super Jakarta Blues Festival diselenggarakan tahun 2008 silam, kami senang dan bangga mengetahui bahwa tren musik blues terus berkembang di Indonesia khususnya Jakarta. Sejak kiprah Djarum Super Jakarta Blues Festival, musik blues mulai mendapat perhatian. dan juga apresiasi yang terus meningkat oleh penikmat musik dari berbagai kalangan usia termasuk juga generasi muda, ” demikian kata Roland Halim , Brand Manager Djarum Super.

Djarum Super Jakarta Blues Festival 2013 kali ini akan mengusung tema "Blues N'Fruits“ dimana kita akan mengedepankan buah dari perkembangan musik blues, seperti Rock, Pop, Jazz, Metal dan genre-genre lainnya terkecuali Classical.  Line up tahun ini akan membawa nama-nama besar baik dari dalam maupun luar negri yang akan menghibur penikmat musik dari pagi hingga malam.

"Acara Djarum Super Jakarta Blues Festival Ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi nyata kami dalam menyebarkan benih-benih  blues di Indonesia serta  mempromosikan genre blues ke mata dunia,” kata Davy Ratu selaku Ketua Pelaksana Djarum Super Jakarta Blues Festival 2013, yang untuk ke-6 kalinya mendapat dukungan penuh dari Djarum Super selaku sponsor utama dari festival bergengsi ini.

Tahun ini Jakarta Blues Festival juga mendapatkan sambutan dan dukungan yang baik dari Dinas Pariwisata Jakarta yang telah mengakui Jakarta Blues Festival sebagai event tahunan yang telah mengangkat kebudayaan dan kepariwisataan Jakarta.  Untuk pertama kalinya juga, telah terjadi permintaan lebih pada tiket pre-sale Jakarta Blues Festival 2013 dimana peminat Jakata Blues Festival telah meningkat 100% dari tahun sebelumnya.

Acara kolosal Djarum Super Jakarta Blues Festival 2013 ini akan berlangsung pada Sabtu 16 November 2013 di Istora Senayan Jakarta yang akan dimulai dari jam 08.00 sampai selesai dengan menghadirkan 5 (lima) panggung khusus.

    Blues Stage akan menampilkan The “True Color of Blues” yang akan dilantunkan oleh para  musisi internasional dan lokal.
    Red Stage akan menampilkan The “Variations of Blues” , di mana telah diberikan sentuhan Rock yang khas atas kecepatan iramanya.
    Black Stage akan menampilkan The “Hope of Blues” di mana para musisi baru di belantika musik Indonesia agar berani menciptakan dan menyuguhkan musik blues.
    Green Stage akan menampilkan The “Most Eclectic Blues Musician”, di mana para musisi akan membawakan lagu-lagu yang eksploratif.
    Acoustic Stage akan menampilkan The “Hottest acoustic players,” dimana mereka memiliki apresiasi sendiri dalam membawakan lagu-lagu blues dengan sentuhan acoustic.

Djarum Super Jakarta International Blues Festival 2013 kali ini akan menghadirkan musisi blues kelas Internasional seperti; Ron 'Bumblefoot' Thal (Gun 'n Roses) (USA), Kazumi Watanabe (JAPAN), Jeff Berlin (USA), Virgil Donati (AUS), Gus Isidore (UK), Al Slavik (USA), Deane Ogden (USA), dan Shun Kikuta (JAPAN).

Adapun musisi blues dalam negeri yang akan tampil di Djarum Super Jakarta Blues Festival 2013 ini adalah Slank, Gugun Blues Shelter, Ina Blues All Star, Tohpati Bertiga, Jopie Item Feat. Doddy Katamsi, Balawan and Friends, Margie Segers Motown Band, Endah N Rhesa, Blues Guitar Heroes, Raidy Noor Experience, Lady In A Blues Band, RockinLiLo, Fonticello, FOS, Sonic 'N Drive Feat. Baron, Orsoen, Baim Trio, Dikta Project, Trias Acustica, Electric Cadillac, Three Little Birds Trio, Agam Hamzah & Friends, Acid Speed, Tjahyo Wisanggeni, Kenebay Feat. Shashi, Mahir & THE ALLIGATORS Feat. Sangkan Wibowo, JBF, 99 Blues Band, Echotones, Pendulum, Unorthodox, The Dead Catfish serta Soul and The Brothers.

“Kehadiran dari Ron 'Bumblefoot' Thal sebagai gitaris Guns N' Roses ini tidak bisa dipungkiri menjadi salahsatu magnet utama dari Djarum Super Jakarta Blues Festival 2013 kali ini” ujar Roland Halim, Brand Manager Djarum Super.  Sebagai gitaris rock, Ron Thal sangat mengagumi music blues dan selalu menyisihkan waktu dia disela-sela touring bersama Guns N'Roses untuk bermain di Blues Festival seluruh Dunia.  Tak kalah hebatnya, tahun ini nama Gus Isidore juga akan memadati line up international Djarum Super Jakarta Blues Festival 2013.  Gus Isidore sebagai gitaris Seal, memiliki passion di music blues walau secara regular Gus Isidore adalah session players yang sering digunakan band-band pop ternama dunia seperti Peter Gabriel dan Seal.

Namun jangan pula lupakan aksi spektakuler yang akan dihadirkan musisi-musisi dalam negeri seperti SLANK yang kali ini akan tampil sebagai band blues.  Pula dengan Tohpati Bertiga, Baim Trio, Balawan & Friends, Dikta Projects dan banyak lagi pemain-pemain nasional yang sudah malang melintang dengan ragam prestasi di dalam dan luar negeri juga akan menjadi suguhan yang menarik dari pesta blues Indonesia bertajuk Djarum Super Jakarta Blues Festival 2013 ini.

Yang membedakan tahun ini dari tahun-tahun lainnya adalah, Betawi Culture Fest yang dimana kita akan memulai Djarum Super Jakarta Blues Festival mulai dari pagi hari jam 08:00 pagi.  Kita akan menggelar beberapa acara yang bernuansa betawi berserta warga batavia jakarta dengan komunitas-komunitas seluruh Jakarta.  Acara yang akan digelar pada Djarum Super Jakarta Blues Festival Betawi Culture Fest adalah: Gowes to Blues, Betawi Blues Culture Fest Photo competition, Betawi Blues Culinary Festival, Betawi Blues by Jiung Band, Bambu Blues, Rombleng Blues dan Blues Campus.  Dalam Betawi Culture Fest InaBlues akan mengundang Komunitas MoGe, Photography, Vespa, Line Dance dan Aerobic Communities untuk meramaikan acara.

Berbagai aktifitas digital juga mewarnai dan menyemarakkan Djarum Super Jakarta International Blues Festival tahun ini. Berbagai kompetisi dan trivia quiz menarik diselenggarakan di website jakbluesfest2013.djarum-super.com, seperti How Blues Are You yang menguji pengetahuan mengenai Blues dan berhadiah 10 free give away ticket Djarum Super Jakarta International Blues Festival 2013 bagi 5 orang pemenang.

Sama seperti tahun lalu, event Djarum Super Jakarta International Blues Festival 2013 kembali menyelenggarakan  ajang pencarian 100 orang gitaris yang akan tampil untuk membuka rangkaian event Djarum Super Jakarta International Blues Festival 2013 tahun ini. Sedikit berbeda dengan tahun yang lalu, kali ini, dari 100 gitaris yang terpilih akan dipilih kembali 10 gitaris, dimana setiap gitaris terpilih berkesempatan untuk tampil satu panggung dengan beberapa musisi pengisi acara event Blues terbesar di Indonesia ini. Selain itu untuk merangkul komunitas photography Indonesia maka diadakan juga Photo Competition untuk memperebutkan berbagai macam hadiah menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar